TUz6TSz5TUApTUdlTfY0BUAiGY==

Profil KH Anwar Manshur, Rais Terpilih PWNU Jatim Hasil Konferwil XVIII

 


Berdasarkan hasil musyawarah mufakat anggota Ahwa, KH Anwar Manshur resmi terpilih sebagai Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim masa khidmat 2024-2029. Ia ditetapkan dalam 
Konferwil NU Jatim di Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng, Jombang, Sabtu (03/08/2024) sore.

KH Anwar Manshur lahir pada tanggal 1 Maret 1938. Lahir dari pasangan KH Manshur Jombang dengan Nyai Salamah putri ketiga KH Abdul Karim, pendiri Pesantren Lirboyo.

Kiai Anwar merupakan ulama dan sesepuh yang kharismatik, sosoknya sangat dihormati dan disegani di kalangan pesantren, warga Nahdlatul Ulama, hingga para pejabat pemerintahan.


Sejak kecil, ia menimba ilmu di Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyiin, Paculgowang, Diwek, Jombang, yakni pesantren yang didirikan oleh ayahnya sendiri. Setelah itu, ia sempat menimba ilmu di Pondok Pesantren Tebuireng hingga tingkat tsanawiyah. Kemudian untuk selanjutnya ia meneruskan pendidikannya di Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri.

Dalam perjalanan hidupnya ia menikah dengan Nyai Umi Kulsum (Putri KH Mahrus Aly). Dari pernikahan ini mereka dikarunia 8 orang anak, yaitu tiga anak laki-laki dan lima anak perempuan. Namun, di tengah kehidupan rumah tangganya, istri KH Anwar Manshur wafat terlebih dahulu. Kemudian, Beliau menikah kembali dengan Nyai Husnah binti Ahyat.

 

Sebelumnya, KH Anwar Manshur Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri merupakan Rais Syuriah PWNU Jatim hasil Konferwil PWNU tahun 2018 silam.


Komentar0

Type above and press Enter to search.